Manajemen I/O

Uraikan apa yang dimaksud dengan : Singgle Buffering, Doublle Buffering dan Circular Buffering ...

a. Singgle Buffering

Model single-buffered menulis pixels secara langsung ke dalam memori framebuffer yang aktif hasil parsial kemudian terlihat ini adalah terutama nyata ketika berusaha untuk membuat animasi merupakan teknik paling sederhana. Ketika proses memberi perintah untuk perangkat I/O, sistem operasi menyediakan buffer memori utama sistem untuk operasi.Untuk perangkat berorientasi blok.Transfer masukan dibuat ke buffer sistem. Ketika transfer selesai, proses memindahkan blok ke ruang pemakai dan segera meminta blok lain. Teknik ini disebut reading ahead atau anticipated input. Teknik ini dilakukan dengan harapan blok akan segera diperlukan. Untuk banyak tipe komputasi, asumsi ini berlaku. Hanya di akhir pemrosesan maka blok yang dibaca tidak diperlukan.


b.Doublle Buffering


Teknik untuk menggambar grafik yang menunjukkan tidak ada (atau kurang) meliuk, merobek, dan artefak lainnya. Peningkatan dapat dibuat dengan dua buffer sistem.Proses dapat ditransfer ke/dari satu buffer sementara sistem operasi mengosongkan (atau mengisi) buffer lain. Teknik ini disebut double buffering atau buffer swapping. Double buffering menjamin proses tidak menunggu operasi I/O.Peningkatan ini harus dibayar dengan peningkatan kompleksitas.


c. Circular Buffering


Seharusnya melembutkan aliran data antara perangkat I/O dan proses. Jika kinerja proses tertentu menjadi fokus kita, maka kita ingin agar operasi I/O mengikuti proses. Double buffering tidak mencukupi jika proses melakukan operasi I/O yang berturutan dengan cepat. Masalah sering dapat dihindari denga menggunakan lebih dari dua buffer. Ketika lebih dari dua buffer yang digunakan, kumpulan buffer itu sendiri diacu sebagai circulat buffer. Tiap bufferindividu adalah satu unit di circular buffer.


Uraikan Maksud Kata Kunci Pada Bab : Manajemen I/O (Bambang Harianto, 1997. Informatika Bandung)

1. Block Oriented Device adalah perngakat berorentasi blok yang menyimpan informasi dan menukarkan (menerima /mengirim) informasi sebagai blok-blok berukuran tetap

2. Character Stream Orented Device adalah perangkat yang mengantar atau menerima aliran karakter tanpa peduli membentuk suatu stuktur blok

3. Clock adalah tidak teralamati secara blok, juga tidak menghasilkan atau menerima aliran karakter

4. Memory Mapped Device

5. I/O Device Independence adalah adalah pembagian menjadi dua kelas untuk mempermjudah pembahasan,terutama dalam membuat perangkat lunak masuakan/keluaran yang tak bergantung perangkat keras

6. I/O Programmed adalah masukan/keluaran terprogram.

7. DMA adalah perangkat masukan atau keluaran yang dikendalikan oleh interupsi lebih efisien dibanding masukan keluaran terprogram, tapi memerlukan interfensi aktif pemroses untuk transfer data antar memori dan buffer masukan keluaran

8. Device Driver , mengalokasikan ruang buffer pada kernel untuk menerima data, dan menjadualkan I/O. Pada akhirnya, driver mengirim perintah ke pengendali perangkat dengan menulis ke register device control.

9. DMA Controler adalah perintah menulis atau pembaca.

10. Uniform Naming adalah Nama berkas atau peralatan adalah string atau integer, tidak tergantung pada peralatan sama sekali.

11. Asynchronous Transfer dan Synchronous Transfer adalah Kebanyakan fisik I/O adalah asinkron. Pemroses mulai transfer dan mengabaikannya untuk melakukan kerja lain sampai interupsi tiba. Programprogram pemakai sangat lebih mudah ditulis jika operasi-operasi I/O berorientasi blok. Setelah perintah read, program kemudian secara otomatis ditunda sampai data tersedia di buffer.

12. Interrupt Handler yang sesuai menerima interupsi melalui tabel vektor-interupsi, menyimpan sejumlah data yang dibutuhkan, menandai device driver, dan kembali dari interupsi.

13. Single Buffering adalah teknik paling sederhana.Kerika proses menberi perintah untuk perngkat masukan/keluaran, sistem operasi menydiakan buffer memori utama sistem untuk opersi

14. Double Buffering adalah peningkatan dengan dua buffer sistem. Proses dapat tranfer ke/dari satu buffer sementara sistem opeasi mengosongkan(mengisi) buffer lain

15. Circular Buffering adalah adalah seharusnya melembutkan aliran data antara perangkat masukan/keluaran dan proses

16. Line-at-A-Time Mode adalah proses pemakai tidak perlu ditunda untuk masukan atau keluaran kecuali proses secepatnya mengosongkan buffer ganda

17. Byte-at-A-Time Mode adalah buffer ganda tidak memberi keunggulan berarti atas buffer tunggal

18. SharableDevice adalah dedicated Beberapa peralatan dapat dipakai bersama seperti disk, tapi ada juga peralatan yang harus hanya satu pemakai yang dibolehkan memakainya pada satu saat.

No comments

Powered by Blogger.