Fungsi Satelit Dan Cara Kerjanya

SATELIT

Adalah benda yang mengorbit benda lain dengan periode revolusi dan rotasi tertentu. Ada dua varian atau jenis satelit yakni satelit alam dan satelit buatan, satelit adalah sebuah benda diangkasa yang berputar mengikuti rotasi planet bumi.
Fungsi satelit dan cara kerjanya dapat dibedakan dalam kategori bentuk, kegunaan dan cara kerjanya.
satelit cuaca, satelit telekomonikasi, satelit iptek dan satelit militer.

FUNGSI SATELIT

Satelit Astronomi

Digunakan untuk mengkaji planet,bintang,dan objek lainnya. Salah satu contoh adalah satelit Hubble yang digunakan untuk memotret Red Rose Nebula.

Satelit Komunikasi

Difungsikan untuk tujuan telekomunikasi,siaran radio,dan televisi yang menggunakan frekuensi gelombang mikro.

Satelit Pantau Bumi (GPS Satellite)

Digunakan untuk navigasi dan pembuatan peta.Isyarat masa radio yang memungkinkan user atau pengguna mengetahui kedudukan mereka dengan tepat melalui sistem GPS.

Satelit Cuaca

Berfungsi untuk mencatat dan mengirimkan maklumat tentang keadaan cuaca dan iklim bumi.Stasiun Angkasa. Merupakan satu "bangunan" yang memungkinkan manusia hidup di angkasa lepas.Stasiun ini sudah dirancang khusus,sehingga bisa didiami selama beberapa bulan bahkan beberapa tahun.

Satelit Militer

Adalah sebuah satelit telokomunikasi atau satelit pantau bumi yang digunakan untuk kepentingan militer.

Satelit Kecil

Satelit super kecil yang diterbangkan di ruang angkasa.sebagai contoh satelit mini(500-2000kg),satelit mikro (10-200kg) dan satelit nano (dibawah 10kg).
Untuk dapat beroperasi satelit diluncurkan ke orbitnya dengan bantuan roket. Negara -negara maju seperti negara Amerika Serikat, Rusia, Perancis dan Akhir-akhir ini Cina, telah memiliki stasiun untuk melontarkan satelit ke orbitnya.

Posisi satelit pada orbitnya terdiri dari tiga macam varian atau jenis, yaitu


  • Low Earth Orbit (LEO): 500-2.000 km di atas permukaan bumi.
  • Medium Earth Orbit (MEO): 8.000-20.000 km berada di atas permukaan bumi.
  • Geosynchronous Orbit (GEO): 35.786 km di atas permukaan bumi.

Seluruh pergerakan satelit dipantau dari bumi atau yang lebih dikenal dengan stasiun pengendali. Kerja dari satelit ini yaitu dengan cara uplink dan downlink.

Uplink yaitu transmisi yang dikirim dari planet bumi menuju satelit, sedangkan downlink yaitu transmisi dari satelit ke stasiun bumi. Komunikasi satelit dan cara kerja pada dasarnya berguna sebagai repeater di langit, satelit ini juga menggunakan transponders, adalah sebuah alat untuk memungkinkan terjadinya komunikasi 2 arah.

CARA KERJA SATELIT

Umumnya komunikasi satelit menggunakan begitu banyak tranponders. salah satu contoh Intelsat VIII menggunkan 44 transponders dapat mengakomodir lebih dari 22.500 telepon sirkuit dan 3 channel TV, pada saat ini sampai bisa mengakomodir komunikasi di Asia dan Afrika.

Antena satelit sangat penting peranannya dalam jaringan komunikasi satelit. Sebab benda yang ini berfungsi sebagai penerima transimisi di setiap kawasan di dunia. Sedangkan sebuah satelite spacing (penempatan satelit) digunakan agar dalam melakukan transmisi lebih mudah berdasarkan kawasannya.

Sedangkan sebuah power system yang digunakan oleh satelit diperoleh melalui sinar matahari yang diubah ke bentuk listrik yang menggunakan Sel surya (Solar cells).

Pesawat ruang angkasa yang berada lama di ruang angkasa membangkitkan tenaga dengan energi matahari. Pesawat memperoleh energi matahari itu dengan menggunakan struktur seperti sayap besar yang diberi nama panel surya. Setiap panel tersusun atas banyak sel yang lebih kecil. Sel surya menghasilkan tenaga listrik saat terkena cahaya.

Sel-sel tersebut dibuat dari bahan yang disebut silikon. Panel surya hanya akan bekerja bila saat menghadap ke arah matahari, dan satelit dilengkapi dengan sensor yang mencari arah cahaya. Motor menggerakan panel dihadapkan ke cahaya matahari. Satelit juga dilengkapi dengan sumber tenaga yang berdurasi 12 tahun yang merupakan bahan bakarnya agar dapat beroperasi.

Berikut adalah beberapa nama-nama satelit komunikasi milik Indonesia yang telah atau akan diluncurkan.


Satelit Palapa A1, satelit Palapa A2, satelit Palapa B1, Palapa B2, Palapa B2P, Palapa B2R, Palapa B4, Palapa C1, Palapa C2, Indostar I (Cakrawarta I), Telkom-1, Garuda-1, Telkom-2, INASAT-1, LAPAN-TUBSAT, Indostar II (Cakrawarta II), Palapa D, Telkom-3.

http://oppoae.blogspot.co.id/2015/03/fungsi-dan-cara-kerja-satelit.html

No comments

Powered by Blogger.