NASA Butuh Ide Anda untuk Bangun Koloni Manusia di Planet Mars


NASA Butuh Ide Anda untuk Bangun Koloni Manusia di Planet Mars, Mereka yang idenya diterima, bakal memperoleh hadiah berupa uang.

Dalam waktu dekat, manusia akan pindah dan menetap di Planet Mars. Yang jadi masalah, sebelum kita bisa menjejakkan kaki di Mars, kita harus tahu lebih dahulu bagaimana caranya bertahan hidup di tempat berjuluk Planet Merah itu.

Sejumlah inovator teknologi seperti CEO Tesla Motors, Elon Musk dan ilmuwan Stephen Hawking telah berulang kali mengungkapkan perlunya membuat koloni di planet lain demi mempertahankan kelangsungan hidup manusia. Badan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA) juga mengutarakan keinginannya untuk membangun koloni manusia di Mars.

Pekan ini, NASA mengundang masyarakat luas untuk membantu mereka mencari cara agar manusia bisa bertahan hidup di Mars. NASA menawarkan tiga hadiah masing-masing sebesar 5.000 Dolar atau setara Rp65,7 juta bagi mereka yang bisa memberi ide untuk mempertahankan kehidupan manusia di Planet Merah.

NASA mengajak masyarakat untuk memberi ide seputar kategori "tempat berlindung, suplai makanan, air, oksigen, komunikasi, olah raga, interaksi sosial, dan pengobatan". Namun, badan tersebut mempersilakan orang menyalurkan ide di luar kategori tersebut.

Namun, ide yang diberikan tidak boleh asal-asalan. Syarat lainnya, ide-ide tersebut secara teknis harus bisa diwujudkan, ekonomis, dan tidak bergantung pada sokongan dari Bumi.
Kendati demikian, tawaran ini tak sepenuhnya disambut baik oleh masyarakat, khususnya netizen. Lewat forum komunitas Reddit, banyak yang menyebut uang hadiah yang ditawarkan tidak sesuai.

"Coba pikir, perhitungkan usaha yang dilakukan seseorang untuk menggagas sebuah ide, solusi yang langsung bisa dengan mudah mereka wujudkan, uang hadiah Rp65 juta itu terlalu sedikit. Apakah mereka (NASA) berjanji mengabadikan nama Anda sebagai penyokong ide?" kata seorang pengguna Reddit. (News.com.au)

http://www.suara.com

No comments

Powered by Blogger.